Pelatihan terapis

Bekerja dengan anak-anak dengan autisme, sensory disorder, dan gangguan komunikasi sosial

8 minggu
1.5 – 2 jam per minggu

Batch berikutnya dimulai pada

13 Januari 2025

Tingkatkan Keterampilan Klinis Anda

Pelatihan ini memberikan Anda keterampilan praktis dan teknis untuk memberikan dampak lebih besar pada kehidupan anak-anak.

Pelajari cara membantu anak-anak yang memiliki gangguan sosial dan komunikasi, termasuk mereka yang berada dalam spektrum autisme atau dengan gangguan perkembangan lainnya.

Berpikir secara berbeda, membuat keputusan yang lebih baik, dan menggunakan strategi berbasis bukti untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan berbicara, bahasa, dan sosial anak-anak.

 

Kuasai pendekatan baru yang sedang berkembang secara internasional yang menggabungkan psikologi perkembangan, terapi bicara, dan analisis perilaku menjadi model intervensi yang komprehensif.

Tanggal Mulai:
13 Januari 2025

Jadwal:
1 pertemuan per minggu, setiap Senin pukul 16.00 WIB

Durasi Pelatihan:
8 minggu

Durasi Pertemuan:
1 jam dan 30 menit per pertemuan

Lokasi:
Online

Format:
Live, synchronous

Bahasa:
Bahasa Indonesia

Informasi Utama

Sesi Interaktif Langsung

Bergabunglah dalam sesi online Anda dapat berpartisipasi dan mengajukan pertanyaan secara real-time

Model Intervensi Multimodal

Pelajari strategi terapi mutakhir dari terapi bicara, ABA dan psikologi perkembangan dan terapkan dalam cara yang terpadu

International Board Approval

Pelatihan kami disetujui oleh International Board of Behavior Analysis, memastikan standar pendidikan tertinggi dan pengakuan profesional.

Highlights Pelatihan

Untuk siapa program ini?

Pelatihan ini ideal untuk yang saat ini bekerja sebagai terapis atau mereka yang bercita-cita menjadi terapis, serta profesional dan spesialis yang ingin memahami prinsip dan praktik terapi yang efektif.

Tidak ada prasyarat akademik formal yang diperlukan, tetapi sangat cocok untuk:

Picture of Luca Serventi, Psy, BCBA

Luca Serventi, Psy, BCBA

Dengan pengalaman internasional lebih dari dua dekade dalam intervensi terapeutik untuk anak-anak dengan gangguan perkembangan, Luca membawa wawasan dan kedalaman yang tak tertandingi dalam pelatihan ini. Dia belajar Psikologi Klinis di Universitas Padua yang bergengsi di Italia dan lebih lanjut mengasah keterampilannya dalam Analisis Perilaku Terapan di Universitas Kent di Inggris dan Institut Teknologi Florida di Amerika Serikat. Sebagai Direktur Klinis di Joyin sejak berdirinya, Luca telah secara konsisten menunjukkan komitmennya terhadap keunggulan dan inovasi di bidang ini. Pengalaman klinisnya yang luas mencakup bekerja dengan Pendekatan Perilaku Verbal hingga merangkul metodologi perkembangan dan naturalistik. Kombinasi unik antara kecakapan akademik dan praktik langsung dari Luca memastikan bahwa pelatihan ini tidak hanya sangat informatif tetapi juga praktis, menjadikannya sumber yang tak ternilai bagi terapis yang ingin meningkatkan keterampilan dan efektivitas mereka.

Desainer Pelatihan

Trainer Anda

Picture of Joice Limpo, M.Psi

Joice Limpo, M.Psi

Sebagai psikolog anak yang lulus dari Universitas Indonesia, Ms. Limpo telah mendedikasikan kariernya untuk bekerja dengan anak-anak dengan autisme dan gangguan komunikasi sosial. Dengan pengalaman luas dalam pelatihan dan supervisi terapis, Ms. Limpo menggabungkan pengetahuan mendalam dan keterampilan praktisnya untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif. Komitmennya untuk meningkatkan praktik terapeutik memastikan bahwa peserta akan mendapatkan wawasan dan teknik yang tak ternilai, menjadikan pelatihan ini sumber yang luar biasa bagi profesional yang ingin meningkatkan kompetensi dan dampaknya di bidang ini.

Picture of Abella Claudia Yokina Saragih, M.Psi

Abella Claudia Yokina Saragih, M.Psi

Sebagai psikolog terdaftar dengan gelar magister Psikologi Pendidikan dan Perkembangan dari Universitas Airlangga, Ms. Saragih unggul dalam penyampaian konten dan pelatihan terapis. Sesi-sesinya dipenuhi dengan hasrat mendalam untuk bidang ini, menjadikannya aset yang tak ternilai bagi pelatihan ini. Dedikasi Ms. Saragih untuk memberdayakan terapis dengan pengetahuan dan keterampilan praktis mutakhir memastikan bahwa peserta akan meninggalkan pelatihan ini dengan alat yang diperlukan untuk unggul dalam praktik mereka. Pendekatan pelatihan yang menarik dan penuh wawasan menjamin pengalaman belajar yang efektif bagi semua peserta.

4,75

100% kepuasan peserta berdasarkan umpan balik peserta

Apa yang akan Anda pelajari?

  • Joint Engagement sebagai perilaku utama: definisi dan fungsi.
  • Strategi terapeutik untuk meningkatkan keterlibatan anak:
    • Penataan lingkungan untuk mengurangi gangguan
    • Posisi resiprokal untuk memfasilitasi keterlibatan
    • Pentingnya motivasi anak
    • Visualisasi emosi
    • Gaya interaksi responsif
  • Peran Joint Action Routines (JARs) pada perkembangan anak
  • Sensory Social Routines (SSRs)
  • Cara membangun SSRs baru
  • Cara memfasilitasi inisiasi dan komunikasi anak selama SSRs
  • Contoh SSRs
  • Strategi reaktif terhadap child’s disengagement
  • Cara menangani perilaku sulit
  • Mengukur child’s engagement dan data collection
  • Transactional Model of Development
  • Pentingnya interaksi yang seimbang dalam perkembangan sosial dan bahasa anak
  • Strategi untuk mengembangkan Social Reciprocity:
    • Turn-taking format
    • Mengikuti inisiatif anak
    • Mirroring
    • Extending
    • Matching
  • Ide aktivitas untuk mengembangkan social reciprocity
  • Pentingnya interaksi sosial untuk pembelajaran fonetik
  • Modelling
    • Marking modelling
    • Reflective modelling
  • Karakteristik strategi modelling yang efektif 
  • Kesalahan umum: Correcting & Instructing
  • Modelling vs. Correcting
  • Saran praktis untuk menjalankan strategi modelling
  • Song-Gesture Routines (SGR)
  • Ide aktivitas
  • Membentuk mand
    • Mand pralinguistik
    • Bentuk-bentuk linguistik manding
    • Saran praktis untuk prompting mands
  • Strategi dan penataan lingkungan untuk menciptakan peluang komunikasi 
    • Porsi yang tidak memadai
    • Kontrol akses
    • Menawarkan pilihan
    • Menawarkan barang yang tidak diinginkan
    • Menggunakan barang yang memerlukan bantuan orang dewasa
    • Playful obstruction
    • Balanced turns
    • Menempatkan objek dalam pandangan tetapi di luar jangkauan
    • Missing item
  • Saran praktis untuk implementasi program
  • Rutinitas sensorik sosial dengan objek
  • Membangun perilaku untuk initiating joint attention (IJA)
    • Bentuk umum IJA
    • Mengajar IJA
  • Membangun perilaku responding to joint attention (RJA)
    • Bentuk umum perilaku RJA
    • Mengajar RJA
  • Mengajar aktivitas untuk membangun joint attention
    • Membangun rutinitas
    • Membentuk kontak mata
    • Membentuk perilaku menunjuk
  • Pentingnya bermain dalam perkembangan anak
  • Pentingnya imitasi dalam perkembangan anak
  • Strategi untuk mengembangkan tindakan bermain baru dan rutinitas bermain
    • Mendemonstrasikan new action pada mainan
    • Penanda verbal
    • Menunggu
    • Menggunakan prompt dan fading prompt
  • Tahapan perkembangan bermain
    • Indiscriminate play
    • Discriminative play
    • Combinatorial Play
    • Pretend Play
    • Self-centred symbolic play
    • Decentred symbolic play
    • Combinatorial pretend
    • Using other as actor
    • Substitutions
  • Saran praktis untuk implementasi program
  • Dampak parental guidance style pada kemandirian anak 
  • Zone of Proximal Development (ZPD)
  • Dampak over-prompting pada pengembangan kemandirian anak
  • Mengembangkan keterampilan kemandirian anak pada rutinitas kehidupan sehari-hari:
    • Transisi
    • Waktu makan & snack
    • Berpakaian & membuka pakaian
    • Mandi
    • Tugas Rumah Tangga
  • Kondisi medis
  • Jadwal harian
  • Gangguan Makan
  • Gangguan Tidur
  • Kecanduan Digital
  • Aktivitas fisik

Pelatihan Terapis kami diakreditasi oleh dua organisasi sertifikasi internasional terkemuka.

Contact Sales

Apakah Anda bagian dari pusat, sekolah atau rumah sakit dan ingin melatih staf Anda?

Silakan tinggalkan detail kontak Anda sehingga kami dapat memberikan penawaran khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Tanpa komitmen.

Batch berikutnya segera dimulai!