Kursus Pelatihan Terapi ABA

Untuk profesional dan Anda yang ingin berkarier di bidang psikologi, pendidikan, dan terapi.

9 minggu
1.5 – 2 jam per minggu

Batch berikutnya dimulai pada

23 June 2025

Tatap Muka

Lokasi: Joyin Children’s Studio di Tebet Timur, Jakarta

Tanggal Mulai: 21 Juni 2025

Jadwal: 1 pertemuan setiap minggu, pada hari Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB [FULL BOOKED]

Durasi: 5 jam setiap pertemuan, selama 3 minggu

Bahasa: Bahasa Indonesia

Sertifikat Penyelesaian: Diberikan setelah menyelesaikan pelatihan

Lokasi: Online

Tanggal Mulai: 23 Juni 2025

Jadwal: 1 pertemuan setiap minggu, pada hari Senin jam 16.00 WIB

Durasi: 1 jam 30 menit setiap pertemuan, selama 9 pertemuan

Bahasa: Bahasa Indonesia

Sertifikat Penyelesaian: Diberikan setelah menyelesaikan pelatiha

Online

Format Pelatihan

Joyin diakreditasi oleh organisasi terkemuka di bidang ABA..

Kursus kami memenuhi standar internasional untuk pelatihan ABA dan dirancang untuk mendukung sertifikasi serta praktik klinis yang unggul.

Mengapa perlu bergabung dengan Kursus Pelatihan Terapi ABA kami?

  • Jika Anda mencari model terapi yang efektif untuk mendukung anak-anak dengan autism…
  • Jika Anda ingin mengembangkan pendekatan yang lebih integratif dan saling terhubung…
  • Jika Anda mencari metode yang komprehensif untuk menciptakan perubahan nyata dan bertahan lama…
  • Jika Anda ingin merasa percaya diri dan kompeten dalam peran profesional Anda…

Maka kursus ini untuk Anda!

Kursus Pelatihan Terapis ABA kami mengarahkan Anda dari teori ke praktik, dengan memberikan dasar ilmiah yang kuat dan strategi praktis untuk memahami, mendukung, dan menjalin hubungan yang berarti dengan anak-anak autisme.

Mengapa memilih Kursus Pelatihan ABA kami?

Praktis dan Ilmiah

Mempelajari cara menerapkan startegi ABA secara langsung melalui materi yang menarik, contoh kasus nyata, dan latihan langsung.

Materi pembelajaran eksklusif

Mendapatkan materi yang dirancang khusus untuk mendukung penerapan praktis ABA dalam konteks profesional dan keluarga.

Instruktur Berpengalaman

Diajarkan oleh case manager utama kami yang memiliki pengalaman luas dan nyata dalam terapi autisme.

Sesi Interaktif Langsung

Mengikuti pembelajaran secara langsung untuk memperdalam pemahaman Anda, mengajukan pertanyaan, dan terhubung langsung dengan instruktur serta sesama peserta.

Kesempatan Sertifikasi Internasional

Pelatihan kami mendukung perjalanan karir Anda menuju sertifikasi ABA yang diakui secara internasional.

Sertifikat Penyelesaian Pelatihan

Menerima sertifikat yang dapat Anda gunakan untuk melamar posisi terapis di praktik pribadi maupun organisasi.

Selama 25 tahun bekerja dalam penanganan autisme, saya dan tim telah melatih ratusan profesional dalam ABA — baik di Indonesia maupun secara internasional. Kursus ini menggabungkan banyak hal yang telah saya pelajari, dan apa yang saya yakini benar-benar membuat perbedaan dalam bekerja dengan anak-anak autisme.”
Luca Serventi, Psy, BCBA – Direktur Training

Pendekatan Kami Dalam Terapi ABA

Metode kami memadukan pendekatan disiplin ABA dengan pemahaman mendalam tentang teori perkembangan, relasi, dan konteks nyata di mana proses belajar terjadi setiap hari. Inilah yang menjadi dasar praktik kami:

Integratif

Agar terapi benar-benar efektif, ABA harus terintegrasi dan berkolaborasi dengan disiplin ilmu lain — seperti psikologi perkembangan, patologi wicara-bahasa, intervensi biomedis, dan lainnya. Terapi seharusnya bersifat pluralistik, komprehensif, dan responsif terhadap kompleksitas kebutuhan setiap anak.

Relasional

Autisme bukanlah kekurangan kognitif — dan terapi bukan hanya mengajarkan keterampilan secara terpisah. Terapi yang sesungguhnya dimulai dengan membangun hubungan yang mendukung proses belajar, komunikasi, dan perkembangan emosi. Sebagai terapis, komitmen terpenting kita adalah mendukung perkembangan relasional klien.

Responsif

Inti dari terapi terletak pada kemampuan terapis untuk beradaptasi dan merespons, dari waktu ke waktu, terhadap anak dan konteks di sekitarnya. Penyesuaian secara langsung ini menciptakan kondisi bagi pengalaman yang bermakna dan transformatif. Perubahan sejati terjadi dalam hubungan yang terus berlangsung dan terbentuk dari momen ke momen antara anak dan terapis.

Pendekatan Perkembangan

Terapi ABA yang efektif harus didasari oleh pemahaman mendalam tentang tahapan perkembangan anak secara tipikial maupun perkembangan anak dengan autisme. Bagaimana anak-anak secara natural memperoleh bahasa? Mengapa anak-anak dengan autisme kesulitan untuk memulai atau mempertahankan interaksi sosial? Pendekatan kami dimulai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, agar kami dapat mendukung kemajuan perkembangan yang nyata.

Naturalistik

Selama lebih dari lima dekade penerapan ABA pada autisme, telah terbukti bahwa perubahan yang bermakna dan bertahan lama terjadi di lingkungan yang natural. Interaksi nyata, stimulus yang natural, dan penguatan sosial jauh lebih efektif dibandingkan dengan latihan berulang (drills) atau sistem berbasis token.

Terus Berubah dan Berkembang

Sejak awal 2000-an, bidang ABA telah beralih ke praktik yang lebih naturalistik, berbasis teori perkembangan, dan integratif. Sebagai profesional, kita memiliki tanggung jawab untuk terus mengikuti perkembangan terkini dan memperbaiki pendekatan kita guna mendukung pertumbuhan setiap anak dengan lebih baik.

Picture of Luca Serventi, Psy, BCBA

Luca Serventi, Psy, BCBA

Dengan pengalaman internasional lebih dari dua dekade, Luca membawa wawasan klinis yang mendalam dan perspektif multikultural yang unik dalam pekerjaannya dengan anak-anak autisme. Ia mempelajari Psikologi Klinis di Universitas Padua dan fokus pada Analisis Perilaku Terapan di Universitas Kent (Inggris) dan Florida Institute of Technology (Amerika Serikat). Karier Luca telah berkiprah di tiga benua—Italia, Inggris, dan Indonesia—di mana ia mendirikan organisasi nirlaba dan kemudian mendirikan Joyin – The Children’s Centre. Pendekatannya mengintegrasikan metode perkembangan dan relasional dalam kerangka perilaku, menawarkan model terapi autisme yang komprehensif dan berfokus pada anak. Kini berdomisili di Italia, Luca sedang membangun kliniknya yang ketiga, In Gioco, sambil terus berperan sebagai pemimpin utama dan kontributor dalam mewujudkan misi dan visi Joyin.

Direktur Pelatihan

Your Trainer

Picture of Joice Limpo, M.Psi, Psikolog.

Joice Limpo, M.Psi, Psikolog.

Sebagai psikolog anak yang lulus dari Universitas Indonesia, Ms. Limpo telah mendedikasikan kariernya untuk bekerja dengan anak-anak dengan autisme dan gangguan komunikasi sosial. Dengan pengalaman luas dalam pelatihan dan supervisi terapis, Ms. Limpo menggabungkan pengetahuan mendalam dan keterampilan praktisnya untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif. Komitmennya untuk meningkatkan praktik terapeutik memastikan bahwa peserta akan mendapatkan wawasan dan teknik yang tak ternilai, menjadikan pelatihan ini sumber yang luar biasa bagi profesional yang ingin meningkatkan kompetensi dan dampaknya di bidang ini.

Picture of Abella Claudia Yokina Saragih, M.Psi, Psikolog.

Abella Claudia Yokina Saragih, M.Psi, Psikolog.

Sebagai psikolog terdaftar dengan gelar magister Psikologi Pendidikan dan Perkembangan dari Universitas Airlangga, Ms. Saragih unggul dalam penyampaian konten dan pelatihan terapis. Sesi-sesinya dipenuhi dengan passion mendalam untuk bidang ini, menjadikannya aset yang tak ternilai bagi pelatihan ini. Dedikasi Ms. Saragih untuk memberdayakan terapis dengan pengetahuan dan keterampilan praktis mutakhir memastikan bahwa peserta akan meninggalkan pelatihan ini dengan alat yang diperlukan untuk unggul dalam praktik mereka. Pendekatan pelatihan yang menarik dan penuh wawasan menjamin pengalaman belajar yang efektif bagi semua peserta.

4,75 / 5

100% kepuasan peserta berdasarkan umpan balik peserta

Untuk siapa program ini?

Pelatihan ini ideal untuk yang saat ini bekerja sebagai terapis atau mereka yang bercita-cita menjadi terapis, serta profesional dan spesialis yang ingin memahami prinsip dan praktik terapi yang efektif.

Tidak ada prasyarat akademik formal yang diperlukan, tetapi sangat cocok untuk:

Apa yang akan Anda pelajari?

  • Memahami Gangguan Perkembangan
    • Apa itu gangguan perkembangan?
    • Bagaimana cara mendiagnosisnya?
    • Perbedaan utama antara diagnosis medis dan psikiatri
    • Proses Diagnosis:
      • Diagnosis sebagai proses kategorisasi
      • Kriteria berdasarkan konsensus para ahli
      • Mengapa angka diagnosis autisme meningkat?
  • Manfaat Diagnosis Psikiatri
    • Mengorganisir penelitian
    • Merencanakan dan memberikan layanan
    • Pemasaran dan advokasi
    • Komunikasi dan kolaborasi
  • Risiko Memberikan Label sebagai Penyakit
    • Kesalahan berpikir sirkular dalam diagnosis
    • Stigmatisasi dan stigmatisasi diri
    • Efek Pemberian Label:
      • Eksperimen Pseudopasien
    • Ramalan yang Terpenuhi Sendiri:
      • Efek Pygmalion
    • Risiko reduksionisme
  • Pendekatan Biopsikososial
    • Pluralisme dan kompleksitas
    • Peran hubungan interpersonal dalam terapi
  • Joint Engagement sebagai perilaku utama: definisi dan fungsi.
  • Strategi terapeutik untuk meningkatkan keterlibatan anak:
    • Penataan lingkungan untuk mengurangi gangguan
    • Posisi resiprokal untuk memfasilitasi keterlibatan
    • Pentingnya motivasi anak
    • Visualisasi emosi
    • Gaya interaksi responsif
  • Peran Joint Action Routines (JARs) pada perkembangan anak
  • Sensory Social Routines (SSRs)
  • Cara membangun SSRs baru
  • Cara memfasilitasi inisiasi dan komunikasi anak selama SSRs
  • Contoh SSRs
  • Strategi reaktif terhadap child’s disengagement
  • Cara menangani perilaku sulit
  • Mengukur child’s engagement dan data collection
  • Transactional Model of Development
  • Pentingnya interaksi yang seimbang dalam perkembangan sosial dan bahasa anak
  • Strategi untuk mengembangkan Social Reciprocity:
    • Turn-taking format
    • Mengikuti inisiatif anak
    • Mirroring
    • Extending
    • Matching
  • Ide aktivitas untuk mengembangkan social reciprocity
  • Pentingnya interaksi sosial untuk pembelajaran fonetik
  • Modelling
    • Marking modelling
    • Reflective modelling
  • Karakteristik strategi modelling yang efektif 
  • Kesalahan umum: Correcting & Instructing
  • Modelling vs. Correcting
  • Saran praktis untuk menjalankan strategi modelling
  • Song-Gesture Routines (SGR)
  • Ide aktivitas
  • Membentuk mand
    • Mand pralinguistik
    • Bentuk-bentuk linguistik manding
    • Saran praktis untuk prompting mands
  • Strategi dan penataan lingkungan untuk menciptakan peluang komunikasi 
    • Porsi yang tidak memadai
    • Kontrol akses
    • Menawarkan pilihan
    • Menawarkan barang yang tidak diinginkan
    • Menggunakan barang yang memerlukan bantuan orang dewasa
    • Playful obstruction
    • Balanced turns
    • Menempatkan objek dalam pandangan tetapi di luar jangkauan
    • Missing item
  • Saran praktis untuk implementasi program
  • Rutinitas sensorik sosial dengan objek
  • Membangun perilaku untuk initiating joint attention (IJA)
    • Bentuk umum IJA
    • Mengajar IJA
  • Membangun perilaku responding to joint attention (RJA)
    • Bentuk umum perilaku RJA
    • Mengajar RJA
  • Mengajar aktivitas untuk membangun joint attention
    • Membangun rutinitas
    • Membentuk kontak mata
    • Membentuk perilaku menunjuk
  • Pentingnya bermain dalam perkembangan anak
  • Pentingnya imitasi dalam perkembangan anak
  • Strategi untuk mengembangkan tindakan bermain baru dan rutinitas bermain
    • Mendemonstrasikan new action pada mainan
    • Penanda verbal
    • Menunggu
    • Menggunakan prompt dan fading prompt
  • Tahapan perkembangan bermain
    • Indiscriminate play
    • Discriminative play
    • Combinatorial Play
    • Pretend Play
    • Self-centred symbolic play
    • Decentred symbolic play
    • Combinatorial pretend
    • Using other as actor
    • Substitutions
  • Saran praktis untuk implementasi program
  • Dampak parental guidance style pada kemandirian anak 
  • Zone of Proximal Development (ZPD)
  • Dampak over-prompting pada pengembangan kemandirian anak
  • Mengembangkan keterampilan kemandirian anak pada rutinitas kehidupan sehari-hari:
    • Transisi
    • Waktu makan & snack
    • Berpakaian & membuka pakaian
    • Mandi
    • Tugas Rumah Tangga
  • Kondisi medis
  • Jadwal harian
  • Gangguan Makan
  • Gangguan Tidur
  • Kecanduan Digital
  • Aktivitas fisik

Contact Sales

Apakah Anda bagian dari pusat, sekolah atau rumah sakit dan ingin melatih staf Anda?

Silakan tinggalkan detail kontak Anda sehingga kami dapat memberikan penawaran khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Tanpa komitmen.

Batch berikutnya segera dimulai!