| Usia | Kemampuan Reseptif | Kemampuan Mengekspresikan |
|---|
| Lahir | Menoleh ke sumber suara Menunjukkan ketertarikan pada suara Menunjukkan ketertarikan pada wajah | Menangis |
| 2 sampai 4 bulan | | Mengeluarkan kata ‘tak bermakna’(cooing) |
| 6 bulan | Merespon nama | Berceloteh |
| 9 bulan | Memahami rutinitas verbal (melambaikan tangan/dadah) | Menunjuk Mengatakan ma-ma, da-da |
| 12 bulan | Mengikuti perintah verbal | Menggunakan jargon Mengatakan kata pertama |
| 15 bulan | Menunjuk dan menyebutkan nama bagian tubuh | Perlahan mempelajari kata-kata |
| 18 sampai 24 bulan | Memahami kalimat | Belajar kata-kata dengan cepat Menggunakan dua frase kata |
| 24 sampai 36 bulan months | Memahami dua perintah berurutan Menjawab pertanyaan | 50% ucapan dapat dimengerti Membangun kalimat yang terdiri dari tiga- (atau lebih) kata Bertanya pertanyaan “apa” |
| 36 sampai 48 bulan | Memahami sebagian besar yang dikatakannya | Bertanya pertanyaan “kenapa” 75% ucapan dapat dimengerti Menguasai bunyi suara awal yang diperoleh: m, b, y, n, w, d, p, dan h |
| 48 sampai 60 bulan | Memahami sebagian besar yang dikatakannya, setara dengan tingkatan kognitif | Menciptakan kalimat yang terbentuk dengan baik Bercerita 100% ucapan dapat dimengerti |
| 6 tahun | | Mengucapkan hampir semua bunyi suara secara benar; mungkin memiliki kesulitan dengan, s, z, th seperti pada “think”, s, z, th seperti pada “the”, l, r, dan s pada “treasure” |
| 7 tahun | | Mengucapkan bunyi suara secara benar, termasuk percampuran konsonan seperti as, sp, tr, bl |