Siapkan Rumah Anda untuk Terapi Anak di Rumah

Seorang terapis yang datang ke rumah Anda dan melakukan sesi terapi bersama anak bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk keluarga Anda. Terapi di rumah memiliki beberapa keuntungan:

  • Menghemat waktu. Terapi di rumah, terutama di kota yang sibuk seperti Jakarta, dapat menghemat waktu dan mengurangi waktu tidak aktif yang dihabiskan anak di dalam mobil. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk aktivitas lain yang bermanfaat bagi perkembangan anak.
  • Keterlibatan orangtua. Ketika terapi dilakukan di rumah, lebih mudah bagi Anda untuk mengikuti informasi terkait target dan hasil terapi. Banyak strataegi terapi dasar yang mudah untuk dipelajari, sehingga dapat Anda gunakan dalam interaksi sehari-hari bersama anak.
  • Generalisasi. Terapis dapat melatih keterampilan dan rutinitas yang dapat diterapkan sekaligus di luar waktu sesi.

Perabotan dan material apa yang Anda butuhkan?

Pendekatan Naturalistik yang kami lakukan tidak mengharuskan Anda memiliki alat khusus. Anda cukup mengatur area di dalam rumah di mana anak dan terapis dapat bermain tanpa distraksi. Anda akan membutuhkan:

  • Mat: Bagi anak balita, terapi kebanyakan dilakukan di atas lantai.
  • Meja kecil dengan 2 kursi: Beberapa aktivitas dan program paling baik dilakukan di atas meja.
  • Mainan sesuai usia: Mainan sangatlah penting karena anak belajar dan mengembangkan keterampilan sosiail, motorik, dan kognitif melalui kegiatan bermain.
  • Organizers: Kontainer plastik dan tas plastik akan menjaga mainan tetap rapi dan mudah diakses selama terapi

Untuk sebagian besar program, tidak diperlukan material lain. Jika terdapat alat pengajaran yang dibutuhkan, kami biasanya menyediakannya.

Siapa yang dapat hadir dalam sesi?

Di Joyin, kami memiliki open-door policy. Anda dapat hadir selama sesi dan mengecek jalannya sesi kapan saja Anda inginkan. Menurut kami, membolehkan orangtua untuk hadir memiliki beberapa manfaat dan hanya sedikit kekurangan yang dapat diatasi dengan mudah. Tentu saja, jika Anda atau anggota keluarga lainnya berada di area terapi, pastikan untuk tidak membuat distraksi. Duduk di sudut ruangan dan mengakses perangkat seluler adalah hal yang tidak boleh! Bergabunglah! Mungkin akan menyenangkan, dan ini adalah kesempatan baik untuk memberi input Anda dan menemukan cara baru untuk melibatkan anak Anda.

Bagaimana dengan saudara dan sepupu? Ini akan sangat tergantung pada program anak. Terkadang, akan baik bila anak lain dapat bergabung dalam sesi untuk melatih interaksi sosial dengan teman sebaya. Hal ini dapat Anda diskusikan dengan terapis dan case manager Anda.

98

You may also like