Terapi Wicara untuk Anak Terlambat Bicara

Di Joyin, kami berspesialisasi dalam intervensi komunikasi dini bagi anak yang mengalami keterlambatan berbicara.

Intervensi ini didesain untuk membantu anak memproduksi komunikasi secara lebih kompleks dan lebih sering, dalam bentuk gestur, suara, dan kata. Intervensi terindividualisasi bagi setiap anak dan sesuai untuk anak-anak, mulai dari yang saat ini belum menampilkan bahasa (pre-linguistik) hingga yang baru menampilkan bahasa (emerging language).

LAYANAN INI BERMANFAAT BAGI:

  • Anak yang terlambat bicara (speech delay)
  • Anak dengan keterlambatan perkembangan secara general (global developmental delay)
  • Anak dengan Autisme, atau yang berisiko Autisme

LATAR TEORI

Kami menggunakan pendekatan intervensi yang naturalistik dan berbasis-hubungan yang menggunakan inisiasi anak dan interaksi natural sebagai kesempatan untuk mengembangkan ucapan dan bahasa.

Riset menunjukkan bahwa pendekatan naturalistik bagi anak yang terlambat bicara terbukti lebih efektif dalam menghasilkan komunikasi yang fungsional dan tergeneralisasi dibandingkan dengan metode latihan berulang (drill-practice), di mana anak diajarkan bahasa di luar konteks relasi dan pragmatis (mis. di atas meja menggunakan flash cards; lihat Yoder, Kaiser et Alpert, l991, Kaiser, Yoder, et al,1996).
Pendekatan terapi yang kami implementasikan telah terbukti efektif dalam:

  • Mengembangkan komunikasi intensional serta produksi suara dan kata pada anak (Scherer & Kaiser, 2010; Roberts & Kaiser, 2012; Kaiser & Roberts, 2012);
  • Meningkatkan frekuensi dan kompleksitas komunikasi pada anak (Warren et al, 1994; Kaiser et al, l993);
  • • Menggeneralisasi target komunikatif di berbagai setting dan dengan berbagai orang (Kaiser & Roberts , 2012).

Area dan strategi intervensi

Pandangan ilmiah kontemporer terhadap penguasaan bahasa mengakui pentingnya interaksi pre-linguistik (nonverbal) sebagai fondasi bagi produksi kata ucapan. Karena itu, penting agar penanganan klinis bagi anak yang terlambat bicara mengadopsi pendekatan yang komprehensif untuk memfasilitasi penguasaan keterampilan yang prerekuisit dan terkait, yang penting dalam perkembangan komunikasi lisan.

Strategi-strategi yang diimplementasikan dalam intervensi kami (lihat gambar) bertujuan untuk:

  • Meningkatkan durasi dan kualitas keterlibatan sosial dengan orang lain
  • Mengembangkan keterampilan bermain fungsional dan simbolis yang sesuai usia
  • Meningkatkan frekuensi menirukan orang lain
  • Meningkatkan pemahaman dan produksi komunikasi pre-linguistik dan linguistik

Model Pemberian Layanan

Kami menggunakan model pemberian layanan yang bertingkat, di mana terapis mengimplementasikan program yang didesain dan disupervisi oleh Tim Klinis kami, yang terdiri dari praktisi-praktisi yang berlisensi dan berkualifikasi dengan bertahun-tahun pengalaman di bidangnya. Seluruh terapis kami telah menyelesaikan kelas pelatihan terapis yang bersertifikasi dan memiliki minimum Gelar Sarjana di jurusan Psikologi atau jurusan terkait lainnya.

  • Tim klinis bertanggung jawab atas seluruh aspek direksi klinis, supervisi, dan manajemen kasus. Kontribusi utama mereka adalah untuk mendesain program penanganan dan menentukan target dan strategi terapi.
  • Terapis melakukan sesi terapi secara langsung kepada anak, mengimplementasikan program dan strategi sebagaimana didesain oleh tim klinis dan bertanggung jawab mengambil data dan clinical compiling di akhir sesi.

Model pemberian layanan ini memastikan penggunaan sumber daya manusia yang efisien yang memungkinkan kami memberikan intervensi yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau bagi klien.

TESTIMONIALS

Terima kasih sudah buka jalan buat anak saya untuk bicara. Anak saya sekarang kosa katanya sudah 100lebih, dan sudah dinyatakan “normal” oleh dokter.

PARENT of  30-months-old with diagnosis of ASD

 

Karena anak saya cocok banget waktu di Joyin. Perkembangannya cepat

PARENT of 3-years-old with Speech Delay

Contact us now for more information

394

You may also like